Miliuner Ini Sukses Tanpa Bangku Kuliah

Di antara mereka sempat mengenyam kuliah, tapi tidak lulus.


David Karp, pendiri Tumblr, tidak pernah lulus SMA namun menjadi miliuner muda.
David Karp, pendiri Tumblr, tidak pernah lulus SMA namun menjadi miliuner muda. (Wikimedia)

Pendidikan adalah salah satu faktor penting menuju kesuksesan, banyak orang yang berhasil dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Pendidikan merupakan salah satu investasi besar waktu dan uang.

Lulusan perguruan tinggi secara signifikan lebih kecil kemungkinan berstatus pengangguran. Kebanyakan orang yang putus sekolah berakhir lebih buruk.
Namun, ada juga orang-orang yang sukses setelah drop out dari sekolah. Bill Gates dan Mark Zuckerberg contohnya, keluar dari Harvard, namun sukses membangun Microsoft dan Facebook.

Berikut daftar orang-orang yang sukses berwirausaha, meskipun telah gagal dalam menempuh pendidikan, tentunya selain Marck Zuckerberg dan Bill Gates, seperti dilansir BusinessInsider:
1. Matt Mullenweg

Mullenweg adalah pendiri WordPress, situs blog yang saat ini menguasai 16 persen blog dunia. Mullenweg dikeluarkan dari Univessity of Houston pada 2004. Tidak sukses di pendidikan, Mullenweg juga tidak sukses dalam karier pekerjaan. Ia juga dikeluarkan dari perusahaan IT, CNET.

Pada usia 20 tahun, dia mulai mengembangkan WordPress dengan mendirikan perusahaan bernama Automattic. Saat ini, WordPress berhasil mendapatkan 140 juta kunjungan dalam sehari dengan hanya mempekerjakan 140 orang staf.

2. Kevin Rose


Rose sempat mengenyam kuliah ilmu komputer di University of Nevada, Las Vegas. Namun, dia dikeluarkan pihak universtias pada 1998. Rose sempat bekerja di beberapa perusahaan IT, lalu mengembangkan sendiri situs media sosial Digg dengan modal hanya US$1.200 pada 2004.

Digg merupakan situs yang fokus menggabungkan berbagai situs berita. Digg cepat populer dan puncaknya pada 2008, dengan total jumlah pengunjung mencapai 236 juta orang. Digg nyaris dijual ke Google dengan harga US$200 juta.

Rose lalu meninggalkan Digg dan mulai membuat berbagai situs lainnya. Saat ini, Rose menjadi mitra usaha di Google Ventures.

3. Arash Ferdowsi


Setelah sempat kuliah selama tiga tahun di Massachusetts Institute of Technology, ia akhirnya drop out. Ia bersama dengan Drew Houston mendirikan DropBox, sebuah situs layanan penyimpan data gratis pada 2007. Saat ini, telah lebih dari 100 juta orang menikmati layanan DropBox, dan membuat Ferdowsi menjadi miliuner di usia 27.

4. David Karp


Karp merupakan penemu Tumblr, salah satu situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Tumblr merupakan situs ke-9 paling banyak dikunjungi masyarakat Amerika Serikat saat ini, dengan estimasi senilai US$200 juta. Yang mengejutkan, Karp tidak pernah lulus dari SMA. Ia dikeluarkan dari Bronx Science High School pada 2001.

5. Pete Cashmore


Majalah Time memasukkan nama Pete Cashmore sebagai 100 orang paling berpengaruh sepanjang 2012 dengan membuat situs Mashable yang berhasil menarik 20 juta pengunjung unik setiap bulannya.

Kesuksesan Cashmore tidak berbanding lurus dengan tingkat pendidikan. Cashmore terlambat dua tahun dalam menyelesaikan SMA, karena masalah kesehatan. Tidak pernah mencicipi bangku kuliah, namun meluncurkan Mashable pada usia 19 tahun.


6. Stacey Ferreira
Stacey membuat MySocialCloud.com pada Mei 2011, media sosial yang dapat menyimpan berbagai informasi rahasia pribadi seperti username dan password seluruh jejaring sosial.

Jerih payahnya berhasil, Ferreira pada 2012 mendapatkan bantuan dari miliuner Richard Branson, pendiri Virgin Group. Ia memutuskan untuk berhenti kuliah di New York University agar fokus mengembangkan perusahaannya.

7. Zach Sims
Sims keluar dari University of Columbia pada 2011 untuk fokus mengembangkan Codecademy, sebuah situs yang membantu orang untuk mencari berbagai kode-kode perintah komputer secara interaktif. Situs ini terinspirasi dari dirinya sendiri yang sulit untuk mengingat berbagai kode komputer.

Situsnya berkembang pesat dan masuk dalam 50 situs berpengaruh 2012 versi majalah Time serta digunakan di 200 negara. Pada 2012, Codecademy mendapatkan suntikan dana sebesar US$10 juta dari Richard Branson.

8. Ben Milne
10 tahun lalu, Ben Milne dikeluarkan dari University of Northern Iowa. Selanjutnya, ia membangun Elemental Designs, perusahaan yang bergerak di bidang audio mobil. Pada 2008, Ben mendirikan Dwolla, situs yang fokus pada pembayaran online. Empat tahun menjalankan Dwolla, perusahaan berhasil menghimpun transaksi US$350 juta.

"Ketika saya masuk kuliah, saya menyadari hal tersebut bukan untuk saya," katanya.

9. Jeffrey Kalmikoff
Kalmikoff telah dua kali pindah sekolah dan selalu keluar. Terakhir, ia drop out dari sekolah desain grafis di Chichago pada akhir 1990-an. Ia lalu membuat perusahaan kaos Threadless dan proyek isengnya ini berhasil menjelma menjadi perusahaan miliuner.

Berbagai desain pakaian yang dikeluarkan Threadless selalu diminati oleh masyarakat, sehingga dijadikan studi kasus oleh Harvard Business School.

10. Dustin Moskovitz

Ia merupakan salah satu pendiri Facebook bersama Mark Zuckerberg. Sama seperti Zuckerberg, ia juga keluar dari Harvard pada 2004. Facebook membuatnya menjadi miliuner. Pada 2008, ia keluar dari Facebook dan mendirikan Asana, situs aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. (art)

sumber : viva co.id

Posting Komentar

0 Komentar