Inilah 7 Cara Mempertajam Pikiran


Otak bisa juga dilatih.
Seiring bertambahnya usia, kemampuan fisik semakin menurun. Namun, jangan biarkan pikiran Anda juga ikut menurun. Tubuh boleh menua, tapi pikiran harus tetap segar, cerdas, dan tajam.

Seringkali orang menyerah dan merasa bahwa pikirannya sudah menurun. Tapi, jika mau berlatih dan mengelolanya dengan baik, pikiran bisa tetap baik pula. Berikut ada tujuh cara untuk mempertajam pikiran.



1. Olahraga aerobik secara teratur
Berdasarkan studi dan penelitian kesehatan, olahraga aerobik membantu mempertahankan kesehatan jangka panjang dan mempertahankan fungsi otak tetap baik. Begitu Anda mulai berlatih aerobik, maka secara otomatis otak kita lebih fit. Jika ingin mempertahankan kebugaran mental, maka Anda harus menyiapkan waktu setidaknya 30 menit sampai 1 jam untuk melakukan aktivitas fisik secara reguler. Rutinitas fisik ini tak hanya memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi jugakognisi Anda akan jauh lebih baik.

2. Perhatikan diet Anda
Kurang atau kelebihan energi dalam tubuh Anda, akan memberikan beban bagi otak. Sebagai contoh, diet dengan rendah gliserin tak akan bermanfaat buat tubuh dan otak, karena akan mendatangkan inkonsistensi dalam pencernaan. Maka, Anda harus mempertahankan pencernaan yang teratur untuk mensuplai otak dengan energi yang lebih lancar. Sistem tubuh harus dipertahankan. Ini tak hanya memperkuat otak, tapi juga menyehatkan tubuh. Ada kaitannya bahwa penurunan daya kerja otak dengan munculnya obesitas, diabets, dan hipertensi.

3. Penuhi kebutuhan kalori tubuh
Terlalu banyak makan cenderung membuat tubuh malas dan bisa menyebabkan penurunan kemampuan otak. Tapi, kalori yang kurang juga bisa menyebabkan masalah besar dalam fungsi otak. Sehingga, asupan kalori dan nutrisi lainnya perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan.

4. Cukup tidur dan istirahat
Ketika tubuh Anda istirahat, memori akan bekerja dengan baik. Maka, beberapa memori akan dibuang, sebagian disimpan, dan dikonsolidasi. Sebaliknya, kurang istirahat dan tidur bisa menyebabkan protein membangun synapses dan menyulitkan Anda untuk berpikir. Penelitian mengungkapkan, kurang tidur yang begitu parah bisa menyebabkan masalah mental yang bisa parah dan menyulitkan Anda mempelajari hal-hal baru.

5. Sisakan waktu untuk santai
Stres bisa menjadi perusak otak Anda dengan serius, karena memompa zat-zat kimia melebihi batas ke beberapa area tertentu di otak Anda. Pada akhirnya memori Anda akan banyak yang rusak atau hilang. Maka, para ilmuwan merekomendasi agar berusaha membangun gaya hidup damai dan sehat. Atau, sempatkan waktu untuk menikmati seni, yoga, atau kerajinan, juga berpiknik. Ini bisa mengurangi stres, sekaligus mempertahankan performa otak.

6. Konsumsi yang kaya Omega 3
Beberapa teori menilai )mega 3 merupakan faktor besar yang bisa memperbaiki kekuatan kognitif. Omega 3 merupakan asam lemak yang esensial yang mampu memperkuat fungsi otak, selain memperbaiki mood.

7. Rangsang otak Anda
Seperti tubuh, yang butuh olahraga teratur, maka otak juga demikian agar performanya terjaga. Anda bisa mencoba permainan sudoku, teka-teki silang, catur, atau permainan lain yang melatih otak. Ini bisa membuat sifat keinginan tahu otak terlatih, selain juga daya analitisnya. Faktanya, jika otak jarang dilatih, maka kecenderungan memiliki masalah mental semakin besar.


sumber : 7 cara mempertajam pikiran

Posting Komentar

0 Komentar